Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Seledri menurunkan kadar kolesterol dan nyeri artritis, membantu menurunkan berat badan, mendetoksifikasi tubuh, mengurangi tekanan darah tinggi, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan sejumlah besar cara. Ini kaya akan vitamin C dan karenanya sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Apa itu seledri?

manfaat seledri

manfaat seledri

Seledri adalah tanaman keluarga Apiaceae dan dikonsumsi sebagai sayuran yang dapat ditemukan di seluruh dunia, dan sebagai bagian integral dari masakan budaya tertentu. Asal-muasalnya kemungkinan besar dilacak kembali ke daerah Mediterania dan Afrika Utara, karena yang diyakini sebagai spesies seledri yang hampir sempurna ditemukan di makam Raja Tut, dan sebuah tanaman yang sangat mirip itu direferensikan berkali-kali dalam mitos dan sejarah Mediterania. Tanaman ini sekarang dibudidayakan secara global dan merupakan bagian dari setiap masakan dari Amerika dan Irlandia hingga Jepang dan Australia.

Untuk keperluan kuliner, ini paling sering ditemukan pada sup dan salad, atau sebagai hiasan untuk hidangan tertentu. Selain itu, biasanya dimakan sebagai kudapan, karena cukup mengisi, tapi tidak menggemukkan.

Fakta Nutrisi Seledri

Seledri mengandung mineral seperti kalsium, sodium, tembaga, magnesium, besi, seng, dan potasium. Ini mengandung asam lemak dan vitamin termasuk vitamin A, K, C, E, D, dan vitamin B (thiamin, riboflavin, asam folat, vitamin B6, dan vitamin B12). Ini juga mengandung serat.

Manfaat Kesehatan Seledri

Manfaat kesehatan seledri adalah sebagai berikut:

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Mengonsumsi seledri setiap hari dapat mengurangi kolesterol penyumbatan arteri (disebut kolesterol LDL atau “jahat”). Phthalides dalam ramuan ini juga merangsang sekresi cairan empedu, yang bekerja untuk mengurangi kadar kolesterol. Kurang kolesterol berarti kurang plak pada dinding arteri dan peningkatan kesehatan jantung secara umum. Serat yang ditemukan di dalamnya juga bekerja untuk mengikis kolesterol keluar dari aliran darah dan menghilangkannya dari tubuh dengan buang air besar secara teratur, yang selanjutnya meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Detoksifikasi Tubuh

Ini berfungsi sebagai antioksidan, dan sejatinya, semua bagian seledri termasuk biji, akar, dan daunnya bisa digunakan. Mengonsumsi sayuran ini secara teratur membantu terhindar dari penyakit ginjal, pankreas, hati, dan kantong empedu.

Mengurangi Tekanan Darah

Seledri mengandung phthalides, yaitu senyawa kimia organik yang bisa menurunkan kadar hormon stres dalam darah Anda. Hal ini memungkinkan pembuluh darah Anda melebar, memberi darah lebih banyak ruang untuk bergerak, sehingga mengurangi tekanan. Ini juga mengandung potasium yang bertindak sebagai vasodilator, mengurangi tekanan darah. Ketika tekanan darah berkurang, tekanan pada keseluruhan sistem kardiovaskular berkurang dan mengurangi kemungkinan terjadinya aterosklerosis atau menderita serangan jantung atau stroke.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Benih seledri membantu dalam menghilangkan asam urat karena biasanya digunakan untuk sifat diuretiknya, yang berarti merangsang buang air kecil. Karena itu, itu baik untuk orang dengan gangguan kandung kemih, masalah ginjal, sistitis, dan kondisi serupa lainnya. Benih juga membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita.

CeleryLowers Arthritis Pain

Seledri sangat bagus untuk orang-orang yang menderita radang sendi, rematik, dan asam urat. Ini memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri di sekitar persendian. Tongkatnya juga berperan sebagai diuretik, yang membantu menghilangkan kristal asam urat yang terbentuk di sekitar sendi tubuh sehingga bisa menambah rasa sakit dan ketidaknyamanan. Hal ini juga dapat meningkatkan pertumbuhan kembali jaringan pada sendi yang meradang.

Mencegah Kanker

Seledri mengandung phthalides, flavonoid, dan poliasetil. Komponen perusak kanker ini mendetoksifikasi karsinogen. Ini juga mengandung coumarin yang meningkatkan aktivitas sel darah putih tertentu, yang dapat secara efektif mencegah kanker juga. Komponen antioksidan ini mencari radikal bebas yang mengambang di tubuh dan merusak organ tubuh dan menetralisirnya sebelum dapat menyebabkan kondisi seperti kanker.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kaya akan vitamin C dan antioksidan, seledri sangat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh dan membuatnya lebih aktif dan efisien. Mengkonsumsi sayuran kaya vitamin C ini secara teratur dapat mengurangi risiko terkena flu biasa, sekaligus melindungi Anda dari berbagai penyakit lainnya.

Mengurangi gejala asma

Vitamin C hadir dalam seledri mencegah kerusakan radikal bebas dan juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mengurangi tingkat keparahan kondisi peradangan seperti asma.