Manfaat sayur eceng gondok

Semuanya komponen tanaman eceng gondok ini dapat digunakan. Pertama, tuturnya, hasil labnya tunjukkan eceng gondok dapat mengikat unsur logam di air. Maka dari itu tanaman ini cuma pas hidup di air yang kotor dibanding air bersih. Ke-2, daunnya dapat digunakan bahan pakan ternak. Ke-3, seratnya dapat digunakan bahan kerajinan tangan serta telah banyak di-export ke luar negeri.

 

Manfaat Eceng Gondok

Ke-4, batangnya dapat digunakan penyangga rangkaian bunga. Kesempatan berikut, menurut Yeni, belum juga maksimum digunakan oleh orang-orang, hingga belumlah ada yang hingga membudidayakan eceng gondok di Bali. Terkecuali di kenal dengan nama eceng gondok, nyatanya dibeberapa daerah di Indonesia, eceng gondok memiliki nama beda seperti di daerah Palembang di kenal dengan nama Kelipuk, di Lampung di kenal dengan nama Ringgak, di Dayak di kenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado di kenal dengan nama Tumpe.

Manfaat Eceng Gondok :

emula enceng gondok dipandang jadi tanaman yang bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan karna sifatnya tumbuh liar di rawa, danau, ssungai, selokan serta genangan air yang lain. Karna sifatnya yang gampang tumbuh serta penyesuaian itu, enceng gondok kurun waktu dalam waktu relatif cepat dapat menutupi permukaan sungai maupun danau hingga begitu mengganggu pandangan.

Kadang-kadang juga jadi penyebab banjir karna tanaman yang merambat di atas air itu bisa menahan sampah. Karenanya, banyak usaha memusnahkan enceng gondok karna dipandang jadi tanaman pengganggu lingkungan dengan jalan pembabatan.

Tapi ada juga yang berfikiran kreatif dengan memakai tanaman itu jadi bahan kerajinan seperti tas, tikar, aksesori, taplak meja dsb. Akhirnya, limbah yang semula begitu menolong pada akhirnya dapat menghadirkan keuntungan.

Berita baru yang cukup menggembirakan adalah kalau tanaman enceng gondok mempunyai senyawa kimia perlu sampai dapat mengobati beragam penyakit.

Kandungan Enceng Gondok :

Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) serta banyak sekali lagi.
Pada akarnya ada senyawa sulfate serta fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin serta buunganya memiliki kandungan delphinidin-3-diglucosida. Dengan semua kandungan kimia yang ada itu, enceng gondok bisa mengobati tenggorokan merasa panas, kencing tidak lancar, biduran serta bisul. Kandungan senyawa perlu barusan ada di semua organ tanaman dari akar samapai daun ddapat digunakan jadi bahan obat tradisionil.

Nah tersebut manfaat eceng gondok untuk kesehatan badan yang bermanfaat untuk menyembuhkan beragam penyakit lewat cara tradisionil alami dan seringkali digunakan untuk kerajinan tangan seperti tas, tikar, aksesori dan sebagainya.