Manfaat Kola Nut Yang Sangat Mengesankan

Manfaat kesehatan penting dari kacang kola termasuk kemampuannya untuk meningkatkan metabolisme, mengoptimalkan pencernaan, meningkatkan denyut jantung, membantu menurunkan berat badan, mencegah kanker tertentu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sistem pernapasan, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan kognisi, dan meningkatkan sirkulasi

Apa itu Kola Nut?

Meskipun banyak orang mengenal kata “cola”, mereka mungkin tidak menyadari bahwa sumber nama itu sebenarnya adalah genus Cola, yang mencakup pohon kola dari mana kacang kola berasal. Pohon itu berasal dari hutan hujan tropis Afrika dan mengandung kafein, yang membuatnya sangat diminati oleh keduanya, sumber makanan dan unsur pengobatan alternatif untuk beberapa budaya di seluruh dunia.

Kola kacang digunakan sebagai zat penyedap soda dalam banyak varietas, di situlah nama “cola” muncul. Kola kacang sering dikunyah atau dimakan dalam upacara tradisional. Sementara aplikasi yang paling umum adalah sebagai agen penyedap rasa, manfaat obatnya mulai menjadikannya suplemen makanan yang populer untuk kesehatan, meski rasanya sedikit pahit. Kola kacang dapat ditemukan dalam minuman energi, suplemen makanan, dan enhancer kinerja.

manfaat kola nut

manfaat kola nut

Kesehatan Manfaat Kola Nut

Sekarang, mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat kesehatan dari kacang kola.

Meningkatkan Metabolisme

Salah satu efek unik dari kacang kola, terutama karena kandungan kafeinnya, adalah kemampuannya untuk merangsang tubuh dan meningkatkan detak jantung. Meskipun hal ini berpotensi berbahaya bagi orang-orang yang menderita kondisi jantung yang sudah ada sebelumnya, hal ini dapat memberikan dorongan metabolik yang diperlukan bagi mereka yang memiliki metabolisme yang lambat. Ini benar-benar dapat mengoptimalkan kesehatan jantung, karena kafein bisa menjadi stimulan kesehatan dalam dosis sedang. Ini juga membantu metabolisme mengoptimalkan dirinya sendiri, yang memiliki berbagai efek enzimatik dan fisiologis positif pada tubuh.

Meningkatkan sirkulasi

Kola kacang secara tradisional dikonsumsi karena mereka “membersihkan pikiran”. Dengan merangsang denyut jantung dan meningkatkan sirkulasi, kacang kola mampu meningkatkan oksigenasi ke beberapa bagian tubuh tertentu, termasuk kulit, organ, dan bahkan otak. Inilah sebabnya mengapa kacang kola kadang-kadang disebut sebagai penguat kognitif, karena peningkatan kadar oksigen di otak telah dikaitkan dengan tingkat kognisi dan konsentrasi yang lebih tinggi. Hal ini juga dapat meningkatkan penyembuhan luka dan perbaikan sel melalui peningkatan aliran oksigen dan nutrisi.

Meningkatkan Pencernaan

Selama ribuan tahun, kacang kola telah dikunyah atau dikonsumsi oleh budaya asli di Afrika baik dalam upacara maupun dalam perawatan masalah pencernaan. Bahan aktif kacang kola mampu memperbaiki pencernaan dan penyerapan nutrisi, sekaligus mengurangi konstipasi, kembung, kram, dan lainnya, lebih serius, masalah gastrointestinal.

Mencegah Kanker Prostat

Meski penelitian masih dalam tahap awal dan masih menjadi bahan perdebatan di beberapa kalangan, beberapa fitoestrogen dan phytoandrogen yang ditemukan di kacang kola mampu merangsang apoptosis pada sel kanker prostat. Garis studi ini relatif baru, namun aplikasi untuk jenis sel kanker lainnya juga sedang dieksplorasi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Akar, batang, dan daun pohon kola memiliki senyawa volatil yang dapat mencegah infeksi bakteri tertentu dalam tubuh manusia. Infeksi bakteri ini termasuk yang bertanggung jawab untuk menyebabkan berbagai macam penyakit pernafasan seperti bronkitis, meningitis, dan tuberkulosis. Ekstrak kacang Kola tersedia di sebagian besar toko kesehatan, namun kacang-kacangan itu sendiri belum terhubung langsung dengan manfaat obat ini.

kolanutsinfoWeight Loss

Meskipun kafein telah lama dikenal sebagai penekan nafsu makan sampai tingkat tertentu, ekstrak kacang kola juga telah dikaitkan dengan peningkatan pembakaran lemak di tubuh, mungkin karena dampak positif pada metabolisme yang dapat dimiliki kacang-kacangan ini. Ini bisa menjadi pilihan ideal bagi orang-orang yang mencoba menurunkan berat badan atau memperbaiki kualitas makanan mereka.

Word of Caution: Tingkat kafein yang signifikan yang ditemukan dalam ekstrak kola kacang dan suplemen bisa menjadi risiko bagi mereka yang sudah menderita tekanan darah tinggi atau kepekaan terhadap kafein. Efek sampingnya meliputi tangan yang gemetar, sakit perut, dan insomnia, karena kafein merupakan stimulan yang kuat.