Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit untuk ditembukan obatnya, sehingga banyak masyarakat yang berusaha untuk menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit ini. Diabetes adalah sebuah penyakit kronis atau jangka panjang yang dapat ditandai dengan tingginya kadar gula didalam tubuh. Meningkatnya kadar gula ini disebabkan ketidakmampuan tubuh dalam memecah gula yang ada didalam tubuh , sehingga tingkat atau kadarnya akan terus meningkat dan dapat mengganggu kestabilan metabolism didalam tubuh.

Salah satu hal yang perlu dilakukan ketika telah menderita penyakit diabetes ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, khususnya dengan menjaga pola makan yang baik. Penderita diabetes memiliki pola makan yang berbeda dengan orang yang tidak menderita penyakit ini. Kadar gula dalam setiap makanan akan sangat diperhatikan bagi para penderita diabetes, karena jika kadar gula yang masuk terlalu tinggi maka akan menyebabkan kondisi yang sangat buruh untuk tubuh penderita.

Makanan untuk penderita diabetes merupakan sesuatu yang harus sangat diperhatikan, mengingat penyakit ini tidak memiliki obat khusus untuk penyembuhannya. Sehingga untuk mengontrol tubuh agar tetap sehat, maka diperlukanan makanan khusus untuk penderita diabetes. Kunci utama jenis makanan untuk penderita diabetes adalah makanan-makanan yang memiliki kadar gula rendah dan rasa manis yang diberikan kepada makanan merupakan rasa manis dari zat zat alami seperti buah-buahan. Sehingga para penderita diabetes ini sangat dianjurkan untuk menghindari makanan-makanan yang mengandung pemanis buatan.

Berikut ini merupkanan jenis makanan untuk penderita diabetes yang sangat aman untuk dikonsumsi harian :

  1. Bayam

Merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin. Sayuran mengandung banyak zat dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sayuran bayam berdaun hijau kaya akan vitamin K serta mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, dan seng. Bayam juga mengandung senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya.

  1. Beras Merah

Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mulai belajar mengkonsumsi beras merah dan mengurangi beras putih. Karena beras merah ini memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih, sehingga ini akan sangat baik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat penderita diabetes.

  1. Daging Tanpa Lemak

Daging segar tanpa lemak sangat disarankan untuk dikonsumsi, karena ini akan memenuhi kebutuhan protein tubuh penderita diabetes. Hindari daging berlemak atau bahkan bagian-bagian dalam hewan, seperti hati atau paru-paru karena itu memiliki tingkat kolesterol tinggi yang tidak baik untuk kesehatan penderita diabetes.

  1. Buah – buahan

Selain sayur mayur, penderita diabetes juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah – buahan. Pada umumnya buah memiliki rasa manis dan mengandung banyak vitamin. Ini akan sangat bermanfaat sebagai pengganti rasa manis dari bahan-bahan tidak alami. Dengan mendapat asupan rasa manis dari buah-buahan, maka kondisi tubuh akan selalu berada dalam kondisi prima.

  1. Ikan Tuna

Bagi penderita diabetes yang tidak terbiasa mengkonsumsi daging, maka mengkonsumsi ikan tuna menjadi sebuah alternative untuk memenuhi kebutuhan protein didalam tubuh. Masak ikan tanpa digoreng, yaitu dengan cara dikukus untuk tetap menjaga kandungan gizi dan proteinnya serta menghindari lemak berlebih dari minyak goreng.

  1. Ubi

Ubi juga dapat menjadi alternative asupan karbohidrat bagi tubuh, selain itu ubi juga dapat memberikan sumbangan rasa manis alami yang sehat untuk tubuh penderita diabetes.

Itulah makanan untuk penderita diabetes yang aman bagi tubuh, sehingga bisa menjaga kondisi para penderita diabetes untuk tetap sehat dan prima tanpa harus mengkonsumsi obat. Kita memiliki kewajiban untuk menjaga nikmat berupa kesahatan , dengan tetap menjalankan pola hidup sehat dan berimbang.