Informasi Seputar Obyek Wisata Pendakian Gunung Prau Dieng

gunung prau dieng

Obyek wisata pendakian Gunung Prau Dieng baru-baru ini menjadi primadona baru bagi para pendaki gunung. Padahal ketinggian gunung ini hanya berkisar 2.565 sekitar mdpl, tergolong sedang jika dibandingkan dengan ketinggian beberapa gunung lainnya seperti Sindoro,Sumbing, Slamet dan  Unggaran.  Bagi para pendaki gunung yang senang dengan tantangan, tentu menaklukkan Gunung Prau tidak akan memberikan kepuasan. Lantas apa yang menjadikan gunung ini tiba-tiba menjadi promadona? Jawabannya adalah fenomena sunset dan sunrise yang terlihat jelas dari atas gunung ini.

Obyek wisata pendakian Gunung Prau Dieng berlokasi di perbatasan tiga kabupaten yaitu, Kab. Banjarnegara, Kab. Wonosobo, serta Kab. Batang. Bentuk gunung ini memanjang seperti perahu. Karena jalur pendakian yang paling terkenal dan singkat adalah dari arah wisata alam dieng, tidak heran jika banyakpendaki gunung yang memasukkan Gunung Prau dalam area wisata dieng.

Di mata para pendaki gunung professional, Gunung Prau Dieng bukanlah gunung yang patut ditaklukkan dikarenakan jalur pendakiannya yang terlalu mudah dan ketinggiannya yang masuk dalam kategori medium.

Tetapi setiap pendakian tidak selamanya dilihat dari tingkat kesulitannya saja. Terkadang ada hal penting lainnya yang menjadi tujuan utama, misalnya pengalaman dan tentunya fenomena alamnya yang indah. Nah, Obyek wisata pendakian Gunung Prau Dieng memiliki panorama alam yang indah berupa sunrise dan sunset yang bisa dinikmati sepuasnya dan sebebasnya dari puncak gunung ini.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari warga sekitar dieng, penampakan sunrise di Gunung Prau khususnya di bulan Desember dan Januari tergolong yang terindah. Karakteristik sunrise di bulan itu adalah Matahari yang bulat dengan garis tepi yang sangat jelas, di mana cahaya merah kekuningan yang indah berbaur dengan biru langit  dan cuaca langit yang benar-benar bersih dari awan dan mendung.

Dari puncak obyek wisata pendakian Gunung Prau Dieng, para pendaki tidak saja bisa menikmati keindahan sunrise dan sunsetnya, tetapi juga bukit teletubiesnya. Dari atas bukit ini didapatkan sebuah view sabana di atas Gunung Prau dengan bukit setengah lingkaran kecil2 seperti pada kartun anak-anak teletubies. View bukit teletabies paling bagus ketika pagi hari dengan sedikit kabut yang menyelimuti.