Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana

Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sederhana РBanyak dari kita yang bingung ketika ingin mulai budidaya tanaman  organik. Banyak yang bingung cara membuat tanaman hidroponik sederhana dikarenakan begitu banyaknya pilihan sistem hidroponik yang ada saat ini, diantaranya sistem NFT, sistem DFT, sistem rakit apung, sistem dutch bucket dan lainnya. Yuk mari kita sederhanakan semua sistem tersebut menjadi sebuah sistem tanaman hidroponik sederhana yang mudah untuk diaplikasikan dirumah kita.

Karena saat ini kita akan membuat tanaman hidroponik sederhana, maka kita mulai dengan peralatan-peralatan sederhana yang ada didalam rumah kita sehingga lebih hemat dan murah tentunya. Kita siapkan peralatan berikut :

membuat-tanaman-hidroponik-sederhana

1. Kita siapkan baki atau baskom air berbentuk persegi yang memiliki tinggi kurang lebih 20cm

membuat-tanaman-hidroponik-sederhana

2. Untuk penutup baskom air, kita menggunakan triplek atau sterofoam. Anda bisa memilih salah satu bahan tersebut yang mudah untuk didapatkan disekitar anda. Lalu kita buat lubang dengan diameter lubang 5cm dan jarak antar lubang sejauh 15cm.

membuat-tanaman-hidroponik-sederhana

3. Setelah penutup siap, kita membuat larutan nutrisi untuk mengisi baskom air. Formula untuk nutrisi hidroponik sederhana adalah 1:5:5, yakni 1 liter air : 5 ml nutrisi mix A : 5 ml nutrisi mix B. Kita coba membuat 3 liter larutan nutrisi , sehingga formula menjadi 3 liter air + 15 ml nutrisi mix A + 15 ml nutrisi mix B.

membuat-tanaman-hidroponik-sederhana

4. Bibit yang sudah kita siapkan, kita masukkan kedalam pot. Jika akar bibit masih terlalu pendek maka kita dapat memanfaatkan sumbu atau kain flanel untuk penghubung antara akar dan larutan nutrisi.

membuat-tanaman-hidroponik-sederhana

5. Kita susun net pot sesuai lubang yang telah kita buat. Dan kita rawat tanaman dengan menjaga larutan nutrisi agar tidak sampai kering

membuat-tanaman-hidroponik-sederhana

Untuk hasil yang maksimal, usahakan tanaman terkena sinar matahari minimal 6 jam dalam sehari, sehingga tanaman kita bisa tumbuh dengan optimal. Cukup mudah bukan, untuk membuat tanaman hidroponik sederhana dari perlatan-peralatan yang ada disekitar kita.