Cara Membuat Tanaman Hidroponik Rakit Apung

Cara membuat tanaman hidroponik dapat dilakukan dalam berbagai sistem, disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan besarnya biaya yang akan dikerluarkan untuk menunjang kebutuhan budidaya tanaman hidroponik. Berikut ini merupakan panduan cara membuat tanaman hidroponik dengan menggunakan sistem rakit apung. Sistem ini dipopulerkan oleh Yos Sutiyoso, dimana sistem ini sangat cocok bagi Anda yang berada daerah-daerah yang jauh dari pusat penjualan peralatan hidroponik.

Berikut ini rakit dan aplikasi dari cara membuat tanaman hidroponik dengan sistem rakit apung :

1. Pasang rangka bambu setinggi 1 m. Ukur panjang sekitar 2-3m dan lebar 1m. Pasang terpal plastik sedalam 40 cm dari ujung rangka bambung, sehingga posisi terpal menjadi menggantung. Permukaan atas plastik dijepit kayu dan bilah bambu akan konstan dan tidak mudah lepas.

membuat-tanaman-hidroponik

 

2. Siapkan penutup bak berupa sterofoam setebal kurang lebih 3 cm yang telah diberi lubang tanam dengan jarak 15cm x 15cm. Sterofoam dengan ukuran 2m x 1m dapat menampung sebanyak 80 tanaman. Lubang tanam dibuat kerucut dengan mata bantuan mata bor. Diameter lubang atas 3cm dan lubang bawah 1,3cm. Tujuannya adalah untuk memudahkan penanaman dan panen. Saat penanaman tak perlu membenamkan rockwool karena tanaman akan tersangkut dilubang yang semakin kecil.

membuat-tanaman-hidroponik

3. Letakkan airstone (pompa udara) didasar bak terpal bagian dalam. Dimana airstone ini akan berfungsi untuk menambah oksigen terlarut dari gelembung udara yang dihasilkannya.

membuat-tanaman-hidroponik

4. Masukkan larutan nutrisi setinggi 30cm kedalam bak terpal kemudian nyalakan air stone. Tanaman siap diletakkan dilubang tanam.

Rawat tanaman dengan baik, yaitu dengan cara mengontrol kandungan nutrisi pada pagi dan sore hari. Karena larutan akan mengalami evaporasi, sehingga konsentrasi nutrisi didalam air akan meningkat. Jika kandungan nutrisi didalam air tidak sesuai dengan kebutuhan tanaman, maka hal ini akan dapat menghambat pertumbuhan tanaman hidroponik. Cukup mudah untuk membuat tanaman hidroponik rakit apung ini, anda dapat dengan mudah membuatnya dihalaman rumah.

Panduan Tanaman Hidroponik :

  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik Vertikal
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik di Dinding
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik Pipa PVC
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik Sumbu
  • Cara Membuat Tanaman Hidroponik NFT

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.